Wotgalih terletak paling utara dari Kecamatan Jatinegara. Desa ini terbagi menjadi Tiga bagian yang disebut Dukuh. Empat Dukuh tersebut yaitu WanarataLuwadi, Wotgalih dan Karangsari.

Wanarata adalah Dukuh yang terletak di atas bukit, dengan Jumlah penduduk berkisar 3000 Jiwa. Dua dukuh lainya yaitu Luwadi dan Wotgalih terletak di dataran bagian utara di bawah bukit. Luwadi dan Wotgalih dipisahkan oleh sebuah sungai(S. Luwadi) yang bermuara di Waduk Cacaban.

Dukuh luwadi dihuni oleh sekitar 1000 Jiwa sedangkan Dukuh Wotgalih dihuni oleh sekitar 2500 Jiwa. dan Dukuh Karangsari terletak di tengah hutan paling ujung utara timur dari desa Wotgalih. dukuh karangsari di huni oleh kurang dari 1000 jiwa.

Penduduk Desa Wotgalih Mayoritas bermata pencaharian sebagai Petani. Hampir seluruh penduduknya memiliki sawah untuk digarap. Sebagian kecil berprofesi sebagai Pegawai negeri, pedagang kecil-kecilan dan Buruh serabutan.

Desa Wotgalih keseluruhan warganya beragama Islam yang masih mempercayai dan melestarikan Adat. Tidak dijumpai penganut agama lain disini.